Jumat, 11 September 2009

Geografi Islam

Islam adalah agama dunia, Dengan demikian pada umumnya kita dapat menemukam islam di sebagian tempat-tempat utama dan di antara masyarakat yang ada di seluruh dunia.
Seperti agama dunia lain, islam sendiri juga mempunyai geografi tertentu. Ketika kita berbicara tentang geografi suatu agama dunia seperti islam, kita sering menemui dua hal yang berbeda. Pertama, kita mengartikan, dimana kita dapat menemukanpara pengikut agama itu ? Dimana agama itu mulai ada., dan bagaimana agama itu bisa tersebar?. Ini adalah pertanyaan historis dan fisik.Kedua, kita mengartikan, bagaimana penyebaran para pengikut agama tersebut dapat membagi peta dunia.? Mana daratan yang disebut suci dan mana yang bukan.? Ini adalah pertanyaan tentang geografis suci.Karena dunia secara fisik dan dunia suci saling berhubungan. Kita harus mempertanyakan dua pertanyaan ini dalam satu rangkaian pertanyaan.
Islam seperti Yahudi dan Kristen, bermula di Timur Tengah. Saat ini Islam menduduki peringkat ketiga setelah Budha dan Kristen sebagai agama yang banyak di anut seluruh penduduk dunia., dengan 20% dari seluruh umat manusia yang menyatakan keimanannya ( dalam agama Islam ). Suatu kesan umum adalah bahwa Islam adalah suatu agama Arab, padahal hanya kurang dari 20% penganut Islam adalah orang-orang Arab. Negeri Muslim yang paling besar di dunia adalah Indonesia, dan sebagian besar Muslim lainnya tinggal di Asia selatan ( India, Pakistan dan Bangladesh ) dibanding mereka yang ada di Arab, Timur Tengah. Muslim juga ada di seluruh Eropa, Asia, Afrika dan Amerika. Islam juga sering dianggap agama pengembara, tetapi lebih dari 50% penduduk Muslim tinggal menetap di kota-kita. Islam adalah agama yang terus menerus semakin banyak para pengikutnya. Di Amerika utara Islam adalah agama yang peling cepat pertumbuhannya, dengan anggota lebih banyak dibanding agama Yahudi maupun Epikospal ( agama yang di bawahi seorang Uskup ). Difisi klasik antar DarAl islam "tempat kediaman islam " an sisa bagian dunia tidak lagi suatu pembedaan geografi yang bermanfaat. Meskipun ada batasan sepiritual Islam, Muslim hidup berdampingan dengan pemeluk Yahudi, Budha, Krinten dan Hindu.maupun pemeluk agama lainnya, tak perduli dalam pemerintahan Islam atau bukan.
Sejak penyebaran Islam yang paling awal, keluar dari Arab, Islam telah menjadi suatu Agama dari bernagai suku, ras dan kelompok masyarakat pengguna bahasa. Mayoritas muslim di dunia menggunakan bahsa pribumi ( asli )selain dari bahasa Arab, namun bahsa Arab dan beberapa aspek kultur Aab mempererat persatuan Muslim. Pusat spiritual Islam yang suci secara geografis suci adalah Makkah, dengan ka'bah dan tempat suci lain bagi seluruh Muslim di dunia. Ibrahim dan Adam diprediksikan juga berdo'a kepada Allah dengan menghadap ka'bah. Muhammad menugaaaskan kembali pemujaan terhadap Tuhan di sana. Begitu banyak Muslim Muslim yang menghadap ke Makkah 5 kali dalam satu hari saat mereka sholat dan jika mereka mampu , maka mereka juga akan pergi ke pusat bumi ini sekali seumur untuk melakukan ibadah haji. Kitab suci umat Islam ditulis dalam bahasa Arab dan diulang alam setiap hari saat mereka melakukan sholat. Arab terbayang dengan luas di dalam imajinasi spiritual muslim di seluruh dunia.
Pusat Islam lain yang disucikan di dunia yaitu Alquds ( Yerussalem ) Muslim percaya bahwa Muhammad mengalami isro'nya (bepergian pada malam hari ) dari Makkah ke Yerossalem dan dari sinilah Ia pergi ke lapisan langit. Diilmu kosmologi Islam, seperti halnya dalam Yahudi dan Kristen Yerusselem adalah tempat terdekat ke surga. Yerossalem dihormati oleh banyak muslim ini sebagai salah satu ketiga kota bagi seorang yang melakukan ziarah, dua kota lainnya adalah Makkah dan Madinah. Ibadat Islam ditetapkan di Qubbah Assakhroh, qubbah batu segera setelah Muslim memasuki kota itu pada abat yang ke tujuh. dan Muslim yang memasuki kota itu sebagai tempat kunjugan dan sebagai tempat tinggal sejak saat itu.
Masjid adalah nama tempat ibadah (tempat suci ) bagi Muslim. dan Di mana saja Muslim tinggal, mereka membangun tempat ibadat yang diposisikan ke arah pusat Makkah yang suci. Sekolah, air mancur, rumah sakit dan bangunan umum lainnya adalah juga pruduk Islam untuk memperbaiki dunia ini melalui konstruksi yang saleh.dan di dunia ini baik yang suci,maupun yang tercemar tercampur jadi satu. Pusara orang suci, wali juga ditemukan di seluruh dunia di lokasi Muslim bersemayam. Beberapa mungkin berukuran kecil dan sederhana sementara yang tergolong rumit dan dihiasi dengan contoh seni Islam yang terbaik, semua menunjukkan poin-poin penting di dalam peta dunia Islam yang suci.
Suatu corak penting dunia Islam adalah bahwa hidup Muslim yang sehari-hari selaalu membawa ruang suci. Seorang Muslim harus melaksanakan sholat, memanjatkan do'a lima kali sepanjang hari, dan ibada itu dapat dilakukan dimanapun. Di ruang kelas, kantor rumah sebagaiman masjid adalah tempat untuk sholat. Tentu saja dimana tempat lokasi itu dapat dibuat suci hingga dapat digunakan sebagai tempat ibadah. Sering seorang Muslim membawa permadani (sajadah) untuk do'a, juga dapat untuk suatupenempatan sholat. Dengan potensi hampir satu milyar Muslim di seluruh bumi yang menghadap Makkah saat berdo'a setiap hari, maka ada suatu jaringan ruang muslim suci di seluruh bumi.

1 komentar: